
PEMERINTAH kembali menghadirkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 2024, kali ini lebih spesial. Harbolnas akan berlangsung selama sepekan penuh, dari 10 hingga 16 Desember 2024, dengan target transaksi ambisius sebesar Rp 28 triliun. Angka ini meningkat sekitar 15% dari capaian tahun lalu yang mencapai Rp 25,7 triliun.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, optimistis Harbolnas tahun ini mampu mendorong belanja masyarakat, meski daya beli sedang lesu. “Targetnya naik 15 persen. Harbolnas kali ini hadir di e-commerce dan retail fisik,” jelasnya.
Baca juga: Live Streaming Dorong Pertumbuhan E-Commerce Indonesia 2024
Selain diskon produk dalam negeri, Harbolnas 2024 menawarkan berbagai promo menarik, seperti gratis ongkir untuk belanja daring dan potongan harga 10% untuk tiket pesawat domestik. Promo penerbangan ini hadir melalui travel fair yang berlangsung selama dua hari di periode Harbolnas.
Dukung UMKM Lokal
Khusus di sektor offline, pemerintah juga menyelenggarakan program “Bina Belanja di Indonesia Aja”. Program ini akan memperpanjang gelaran belanja hingga 29 Desember 2024. Lebih dari 480 UMKM dari sektor makanan, minuman, hingga pakaian akan berpartisipasi di berbagai pusat perbelanjaan.
Baca juga: Mengapa E-commerce Semakin Menjadi Bagian dari Gaya Hidup Masyarakat Indonesia?
Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Moga Simatupang, percaya tren peningkatan nilai transaksi Harbolnas sejak pertama kali digelar pada 2012 menjadi modal optimisme. “Dari Rp 6 triliun di awal, kini sudah mencapai Rp 25,7 triliun. Kami optimistis tahun ini target Rp 28 triliun tercapai,” ungkapnya.
Mendorong Konsumsi Domestik
Sementara itu, Ketua Umum Aprindo, Solihin, menilai Harbolnas akan menjadi momentum strategis untuk meningkatkan omzet ritel di tengah tantangan daya beli. Menurutnya, sektor makanan dan minuman tetap menjadi andalan di situasi seperti sekarang. “Belanja pakaian mungkin menurun, tapi kebutuhan sehari-hari seperti makanan tetap kuat,” katanya.
Baca juga: Belanja Online Semakin Digemari di Indonesia
Gelaran Harbolnas bukan sekadar ajang belanja, tetapi juga upaya untuk memperkuat ekonomi dalam negeri melalui konsumsi lokal. Dengan semangat ini, masyarakat diharapkan mendukung produk-produk dalam negeri dan memberikan dorongan baru bagi UMKM. ***
Dapatkan informasi menarik lainnya dengan bergabung di WhatsApp Channel Mulamula.id dengan klik tautan ini.